Perbedaan Mobil Mesin Depan, Tengah, dan Belakang
Teman Inspeksi, tidak semua mesin mobil terletak di depan pengemudi, lho. Beberapa pabrikan mobil meletakkan mesin di bagian tengah dan belakang.
Alih-alih lokasi yang tepat untuk mesin, penempatan ini mempertimbangkan aspek-aspek penting, seperti ruang interior penumpang belakang, traksi, pengalaman berkendara, akselerasi, pengereman, hingga distribusi berat.
Lalu, apa saja perbedaan mesin mobil depan, tengah, dan belakang? Simak informasi yang dirangkum Astra Car Valuation (ACV) berikut ini.
Baca juga: 5 Jenis Baret di Bodi Mobil Bekas, Harus Teliti!
Mesin depan
Sesuai namanya, mesin depan dipasang di depan pengemudi, persisnya di atas gardan depan. Konfigurasi ini membawa beberapa kemudahan, seperti
Mobil mudah dikendarai
Menciptakan bagai yang lebih luas
Meminimalisir kemungkinan understeer
Roda depan dan belakang mudah digerakkan
Sistem pendingin bekerja lebih efisien
Di sisi lain, mobil bermesin depan juga punya kekurangan, misalnya
Pusat gravitasi tinggi karena bobot tidak seimbang
High-speed handling kurang unggul
Risiko body roll saat di tikungan tinggi
Mesin tengah
Pada mobil bermesin tengah, mesin berada di belakang kursi pengemudi. Konfigurasi ini bisa kamu temukan di sports car atau supercar, seperti Audi R8, BMW i8, Ferrari 488 GTB, Ferrari F8 Tributo, Lamborghini Aventador, Lamborghini Huracan EVO, dan Porsche 718 Boxster Cayman.
Ada beberapa kelebihan mobil bermesin tengah, seperti
Distribusi bobot seimbang
Pusat gravitasi rendah dan handling lebih baik
Adapun kekurangan mobil bermesin tengah, yaitu
Tata letak lebih rumit
Tidak memiliki kursi penumpang belakang
Biaya perawatan lebih mahal
Jika terjadi benturan depan, benturan tidak dapat diserap
Baca juga: 7 Tips Menawar Harga Mobil Bekas yang Tepat
Mesin belakang
Berbeda dengan mesin depan dan tengah, mesin belakang dirakit di atas as roda belakang atau roda dalam. Melansir Ackodrive, konfigurasi ini biasa digunakan mobil sport berperforma tinggi, sebut saja Porsche 911.
Dengan mesin belakang, kamu bisa merasakan kemudahan berikut.
Akselerasi lebih baik
Handling lebih unggul
Mobil lebih stabil saat dipacu kecepatan tinggi
Meski begitu, ada sejumlah kekurangan yang perlu kamu perhatikan, yakni
Mobil mudah oversteer
Komposisi mesin lebih rumit
Biaya perawatan tinggi
Itulah perbedaan mesin mobil depan, tengah, dan belakang. Pabrikan lebih banyak menggunakan konfigurasi depan, termasuk di Indonesia.
Baca juga: 6 Surat Kendaraan untuk Jual Beli Mobil Bekas, Harus Lengkap
Sebelum beli mobil bekas, pastikan dulu kondisi mesinnya aman. Bila Teman Inspeksi awam tentang mobil, percayakan inspeksi mobil sebelum transaksi jual beli di Astra Car Valuation (ACV)
Proses inspeksi bisa dilakukan di mana saja oleh oleh inspektur ahli bersertifikat. Peralatan inspeksi mutakhir dan hasilnya dikirim minimal 2 jam setelah inspeksi.
Tertarik mencoba? Tersedia 2 paket inspeksi mobil untuk semua merk dan tipe mobil.
Ayo, segera kunjungi situs web www.acv.astra.co.id. Ikuti juga akun media sosial resmi ACV di bawah ini.
Instagram : @acv_astra
Facebook : acv astra
TikTok : @acv_astra